Anime Boruto masih berlanjut pada alur Kara. Pada preview episode 168 diperlihatkan tim Shinki dan Shikamaru akan berhadapan dengan Deepa.

Berikut adalah 10 ulasan Boruto Episode 169

1. Boruto Berlatih dengan Kakashi

Boruto masih melanjutkan latihan untuk menyempurnakan Futon Rasengan, bersama Kakashi, dan Boruto masih belum puas dengan hasil latihannya.

Kakashi mengingatkan Boruto telah sampai pada batasnya. Menurut pengamatan Kakashi, berdasarkan chakra yang dimiliki oleh Boruto, sangat mustahil untuk memperkuat serangan Futon Rasengan miliknya.

Tapi, Boruto tidak terima dengan pernyataan mustahil dari Kakashi, dan bertekad untuk tidak menyerah. Meskipun hasilnya, Boruto mulai menyadari, apa yang dikatakan Kakashi benar adanya.

2. Penyusupan Mugino dan Konohamaru

Konohamaru dan Mugino, yang sedang menyusup dimarkas Victor, menyaksikan para petugas membawa pasien dalam kondisi kritis, menuju ruang perawatan khusus.

Mugino menyadari ada aktivitas mencurigakan, karena melihat sudah 5 pasien dibawa ke ruang perawatan khusus dalam seminggu. Konohamaru setuju dengan pendapat Mugino, berdasarkan pemantauannya melihat semua pasien yang masuk ruangan khusus, tak satu pun kembali.

Konohamaru dan Mugino, mencoba mengintip ruangan khusus, dan Konohamaru mengenali sosok dokter yang bertugas, ia sangat yakin dokter tersebut ikut terlibat saat kudeta di Iwagakure (Manusia Buatan), Konohamaru mulai menerka-nerka apa yang akan dilakukan oleh dokter tersebut dimarkas Victor.

Saat hendak memasuki Lift, dokter tersebut bergumam “Jika eksperimen ini berhasil, kedudukanku mungkin akan naik pesat”.

Lalu dokter bersama petugas Victor, membawa pasien menuruni sebuah Lift, Konohamaru dan Mugino gagal membuntuti dokter saat hendak memasuki Lift.

Menurut Konohamaru mereka telah mencari seluruh tempat dimarkas Victor, kecuali dibalik Lift. Ada kemungkinan, Sel Hashirama berada dibawah tanah yang bisa dicapai dengan lift tersebut, dan Mugino mulai berpikir cara mereka bisa sampai ke bawah tanah.

3. Shikadai Menemui Boruto

Shikadai menemui Boruto saat sedang berlatih keras, dan memintanya agar tidak terlalu memaksakan diri. Boruto lalu memberitahu Shikadai, jika tidak dipaksakan, maka jutsunya tidak akan sempurna.

Boruto bercerita pada Shikadai, kejadian saat Rasengan miliknya dihentikan dengan mudah oleh Depa, dan ketidakpuasan akan level kemampuan dirinya sekarang.

Boruto juga memberitahu Shikadai, kendala saat berlatih jutsu barunya, bahwa Kakashi mengatakan dirinya sudah mencapai batas. Hanya sebuah keajaiban, Jutsu barunya bisa sempurna, karena jumlah Chakra Boruto terlalu sedikit.

Kemudian Shikadai kembali bertanya, apa Boruto akan tetap memaksakan diri? dan Boruto menjawab Ya, dirinya akan terus mencoba.

4. Chocho Menyaksikan Sarada Berlatih

Sambil menikmati cemilan keripik, Chocho berjalan menuju tempat Sarada berlatih.

Chocho menyaksikan, Sarada masih sibuk berlatih untuk menghindari peluru besi yang diserangkan oleh Sasuke, dan Sarada masih kesulitan menghadapinya, namun tetap gigih untuk mencoba kembali berlatih.

Pada akhirnya, Chocho hanya bisa menyaksikan Sarada berlatih dari balik pohon, tanpa bertatap muka dan bertegur sapa.

5. Misi untuk Tim 10

Shikadai menerima misi dari Naruto, untuk menemukan sebuah boneka, dan ini permintaan dari Sunagakure. Shikamaru lalu menjelaskan, Shinobi Sunagakure telah mencari boneka tersebut, semenjak pertempuran dengan Urashiki dan hasilnya masih ada satu yang hilang.

Naruto memberitahu Shikadai, boneka yang hilang adalah yang pernah dilawan Shikadai bersama Temari, dan Shikadai langsung memahami alasan dirinya dipilih untuk misi ini, karena masih ingat letak lokasi pertarungan.

Tim 10 berangkat menjalankan misi, menaiki kereta menuju Sunagakure. Shikadai memberitahu Inojin dan Chocho, mengenai boneka yang belum ditemukan, bisa gawat ditemukan orang lain untuk disalahgunakan dalam kejahatan, dan ditambah, masalah Urashiki adalah rahasia penting, jadi hanya Desa Konoha & Suna yang menyelidikinya.

Chocho bersemangat mengajak Inojin dan Shikadai, untuk menuju tempat makan yang ingin di datanginya saat berada di Sunagakure. Alasan Chocho bersemangat, karena cerita dari ayahnya Choji, tak sengaja datang ke tempat makan porsi besar dan enak, saat pulang dari misi.

Saat Shikadai, Chocho dan Inojin hendak memasuki tempat makan, lalu Depa muncul dihadapan mereka hingga saling beradu tatap mata. Namun, saat Shikadai, Chocho dan Inojin memasuki tempat makan, mereka dibuat terkejut melihat pelanggan tewas, koki tewas dan ruangan hancur berantakan.

6. Misi Gabungan Tim 10 dengan Shinobi Suna

Shinki, Araya dan Yudo, tampak kesal dibuat menunggu oleh tim 10 yang datang terlambat, lalu Shikadai bercerita mengenai insiden menyeramkan direstoran dan alasan terlambat karena membuat laporan.

Meski Inojin dan Choco sempat cekcok mulut dengan Yudo, mengenai Shikadai yang bertugas jadi pemimpin tim misi gabungan, dan pada akhirnya Yudo setuju, dikarenakan Shinki setuju. Bahkan, Choco sempat curi pandang mengagumi wajah Shinki loh.

Kemudian Shikadai membimbing tim gabungan, menuju lokasi saat dirinya bertarung dengan boneka yang dicari. Lalu, Araya mengambil alih pencarian dengan menggunakan Kugutsu miliknya, berhasil menemukan boneka yang dicari. Boleh, dibilang misi gabungan telah selesai, saat menemukan boneka.

Namun, Depa mendadak muncul menghampiri boneka tersebut, dan Shikadai langsung mengenali sosok yang telah dianggap tersangka, insiden perusakan tempat makan.

Deepa bertanya apa mereka pernah bertemu dengan dirinya? Lalu, Depa mengenali lambang Shinobi Konoha pada lengan Shikadai, dan bercerita sebelumnya, dirinya telah mengalahkan Shinobi Konoha (Boruto cs) hingga membuat mereka menangis pulang.

7. Pertarungan Tak Terduga

Deepa meminta Shinki cs & Shikadai cs untuk menyerahkan boneka, tetapi mereka menolak, sehingga Depa kesal lalu memberi mereka serangan tembakan berupa peluru besi, dan Shinki melindungi tim dari serangan, menggunakan perisai pasir besi.

Shinki mengingatkan Shikadai bahwa tak bisa terus-terusan menahan gempuran serangan, dan meminta Shikadai untuk membuat strategi, karena dianggap ahli.

Agak kesal melihat musuh hanya berlindung dengan pasir tanpa perlawanan, membuat Depa memperbesar bongkahan peluru hingga serangannya tak bisa dibendung oleh pasir Shinki, dan mengakibatkan Araya & Yodo terpental keok, terkena serangan.

Shikadai meminta Inojin & Choco untuk bersiap bertarung, Choco tak segan melampiaskan amarahnya pada Depa akibat gagal makan dengan menyerangkan Nikudan Sensha, dan Inojin menjadi umpan dengan Chojo Giga dari udara, namun serangan Inojin dan Chocho berhasil digagalkan oleh Depa.

Selanjutnya kombinasi serangan Shikadai dan Depa, Shikadai menggunakan Jutsu Pengikat Bayangan pada tubuh Depa, lalu Shinki menyerang dengan Kurogane no Kobushi (Tinjuan Pesir Besi) pada Depa, hasilnya adalah tubuh Depa lebih keras dari pasir besi Shinki.

Kemudian, Depa memberi serangan balasan dengan menembakan peluru besi besar, hingga menghancurkan perisai pasir dan hasilnya Shikadai & Shinki dibuat tumbang.

8. Depa Sedang dalam Misi

Usai mengalahkan Shinki cs & Shikadai cs, lalu Depa langsung mengambil dan menggendong boneka, tanpa tau untuk apa. Di ketahui Victor memberi Depa misi untuk merebut boneka, tanpa membuat kekacauan dan tidak boleh biarkan siapapun mengetahuinya.

Shinki yang sedang terbaring dipasir, memberi serangan terakhir berbentuk sayap dan menusuk punggung Depa. Akibat serangan ini, punggung Depa berdarah dan boneka menjadi hancur.

Kemudian, Depa pergi tanpa membawa boneka, dan Shikadai terheran-heran Depa pergi tanpa membunuh mereka, serta menerka Depa adalah musuh yang dihadapi Boruto.

9. Shikadai Melaporkan Depa pada Hokage

Shikadai melaporkan hasil misi boneka dan pertarungan dengan Depa. Menurut Shikadai, Depa adalah musuh yang dihadapi Boruto & Sarada, sebab serangannya sama dengan yang diberitahukan Boruto pada dirinya, dan tubuhnya sekeras berlian.

Lalu, Shikadai juga melapor mengenai Depa yang ikut mengincar boneka, dan hal ini membuat Shikamaru & Naruto penasaran dengan sosok Depa.

10. Boruto Masih Berjuang Berlatih Futon Rasengan

Sebelum episode 169 berakhir, diperlihatkan Boruto masih berjuang keras bersama Kage Bunshin miliknya, untuk menguji kekuatan dari Futon Rasengan.